Pemerintah Janji Tambah 1 Juta Hektar Lahan Padi


Jakarta - Pemerintah memastikan akan mengalokasikan tambahan lahan pertanian khususnya untuk 3 komoditas pangan sebanyak 2 juta hektar. Komoditas yang mendapat komitmen penambahan lahan antara lain padi, kedelai, dan tebu.


"Ada komitmen sebanyak 2 juta hektar, diantaranya tebu 500.000 hektar, kedelai 500.000 hektar, dan 1 juta hektar untuk padi," kata Menteri Pertanian Suswono usai retreat pangan di kantornya, Jakarta, Jumat (7/1/2011).


Suswono menjelaskan mengapa pemerintah menambah lahan sektor pangan karena sebagai bagian mengatasi masalah konversi lahan pertanian yang terus terjadi.


Selain itu, pemerintah mengharapkan bisa menggenjot produksi pangan dalam rangka swadaya, bahkan lebih jauh lagi bisa memenuhi kebutuhan pangan dunia.


"Lokasi-lokasinya ada di luar Jawa termasuk yang di Merauke (Papua), Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan," jelasnya.



Sementara itu Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Joyo Winoto mengatakan pihaknya selaku pihak yang melakukan pengadaan alokasi lahan untuk bidang pangan ini sudah memastikan akan memberikannya di tahun ini.



Joyo mengatakan lahan 2 juta hektar untuk pangan itu berasal dari lahan kawasan pelepasan hutan yang mengacu pada ketentuan hukum. Kedua, lahan itu juga diambil dari lahan-lahan terlantar yang sudah disiapkan BPN. 



"Jadi tahun 2011 sudah bisa," kata Joyo.



(hen/dnl) 
Pemerintah Janji Tambah 1 Juta Hektar Lahan Padi Pemerintah Janji Tambah 1 Juta Hektar Lahan Padi Reviewed by Engkos Koswara on 3:22:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.