Pemkab Karawang Gelar Workshop Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah


Sebagai salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Workshop Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD). Workshop yang dibuka secara langsung oleh Kepala Bappeda Kab. Karawang, Teddy Rusfendi Tersebut berlangsung gedung Aula Dewan Pengurus Kabupaten (DPK) Korpri Kab. Karawang, Kamis (30/12).
Kepala Bappeda Teddy Rusfendi dalam kesempatan tersebut mengatakan, penyelenggaraan workshop ini mengandung makna dan nilai strategis dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam upaya pemantapan kemandirian dan pemberdayaan masyarakat. "Sehingga pada akhirnya masyarakat akan mampu mengatasi sendiri berbagai permasalahan kemiskinan yang dihadapinya," ujarnya.
Lebih lanjut Teddy mengatakan, Pemerintah sendiri telah cukup banyak meluncurkan program dalam upaya pengentasan dan penanggulangan kemiskinan, seperti program Jaring Pengaman Sosial (JPS), Bantuan Langsung Tunai (BLT), Program Keluarga Harapan (PKH), Progran Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP), pinjaman lunak bagi pelaku UKM, PNPM Mandiri Perkotaan dan Perdesaan, serta bantuan langsung masyarakat berupa stimulan dan kegiatan tridaya lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial.
Menurut Teddy, seluruh program tersebut merupakan upaya pemerintah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri, dan mampu mengatasi berbagai persoalan kemiskinan di wilayahnya. "Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat turut memberikan kontribusi nyata dalam merumuskan program dan memvalidasi data akurat, serta menyusun langkah-langkah yang dapat berperan terhadap upaya pengentasan kemiskinan di Kab. Karawang," tambahnya.
Sementara itu, guna mengakselerasi program pengentasan kemiskinan, Pemkab Karawang telah membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kab. Karawang yang disahkan dengan SK Bupati No. 400/Kep.174-Huk/2010. Tim tersebut bertugas untuk melakukan langkah kongkrit guna mempercepat pengurusan jumlah penduduk miskin, serta menyusun dan menyempurnakan SPKD sebagai bagian dari Rencanan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).
Yang menjadi isu strategis dalam penanggulangan kemiskinan di Kab. Karawang antara lain adalah masih terdapat sepertiga penduduk Karawang yang masih dalam kondisi miskin, angka rata-rata lama sekolah yang masih rendah dan disertai oleh tingginya angka peralihan dan angka putus sekolah, kondisi gangguan kesehatan terhadap penduduk yang berdampak negatif terhadap kesejahteraan keluarga, serta penyediaan lapangan kerja di sektor formal yang berjalan lamban.

sumber : karawangkab.go.id
Pemkab Karawang Gelar Workshop Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Pemkab Karawang Gelar Workshop Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Reviewed by Engkos Koswara on 6:22:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.