PLN Akan Kurangi Konsumsi BBM

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Perusahaan Listrik Negara menargetkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) untuk pembangkit listrik akan berkurang satu juta kilo liter pada tahun 2011. Hal ini dilakukan dengan membangun transmisi dan mengoperasikan sejumlah pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).  
Penurunan tingkat konsumsi BBM PLN tersebut tidak terkait dengan tren kenaikan harga minyak dunia. Kami punya program pada 2011. Pemakaian BBM akan turun paling sedikit satu juta kiloliter.
-- Dahlan Iskan

Hal ini disampaikan Direktur Utama PT PLN Dahlan Iskan, Kamis (6/1/2011) di Jakarta. Penurunan tingkat konsumsi BBM PLN tersebut tidak terkait dengan tren kenaikan harga minyak dunia. "Kami mempunyai program bahwa pada 2011, pemakaian BBM akan turun paling sedikit satu juta kiloliter. Konsumsi BBM harus terus turun setiap tahun," ujarnya.  
Menurut Direktur Energi Primer Nur Pamudji, pada tahun 2010 konsumsi BBM untuk pembangkit mencapai 9,1 juta kiloliter. Tahun ini konsumsi BBM kemungkinan menjadi delapan juta kiloliter. Hal ini dilakukan dengan menggantikan pembangkit listrik yang berbasis BBM dengan pembangkit yang berbahan bakar batu bara.  
Sebagai contoh, pasokan daya ke Rembang selama ini dipasok dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap Tambak Lorok berkapasitas 2 x 500 MW di Semarang yang menggunakan BBM. Dengan beroperasinya PLTU Rembang, hal itu akan menggantikan pasokan daya dari PLTGU Tambak Lorok sehingga konsumsi BBM akan berkurang.  
Dengan demikian, mesin pembangkit PLTGU Tambak Lorok akan diistirahatkan atau tidak beroperasi lagi dan berfungsi sebagai mesin pembangkit cadangan. Nur Pamudji menjelaskan, mesin-mesin pembangkit PLTGU di sejumlah tempat baru akan difungsikan kembali jika ada pertumbuhan konsumsi tenaga listrik.  
Selain itu, mesin pembangkit PLTGU juga bisa menjadi cadangan jika ada gangguan teknis pada PLTU yang baru beroperasi. Pembangkit yang baru beroperasi akan selalu mengalami sakit bayi. Semua sistem keteknikan akan selalu mengalami gangguan di sana-sini kalau baru beroperasi. Dalam masa-masa penyesuaian, saat ada gangguan, beberapa mesin PLTGU akan menjadi unit cadangan.  
Dahlan menambahkan, pengurangan konsumsi BBM akan dilakukan dengan memanfaatkan pasokan daya dari PLTU Suralaya dan Paiton. Kapasitas daya dua pembangkit itu besar sekali, tetapi kedua pembangkit itu tidak mempunyai kota-kota besar di sebelahnya. Karena itu, tenaga listrik yang dihasilkan akan dikirim lewat tol melalui sistem jaringan 500 kilovolt agar bisa tersedot kota-kota besar, seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya.
Sumber : www.kompas.com

PLN Akan Kurangi Konsumsi BBM PLN Akan Kurangi Konsumsi BBM Reviewed by Engkos Koswara on 7:48:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.