Waspadai Inflasi Tinggi di 2011

Jakarta - Tingkat inflasi Indonesia di akhir tahun 2010 naik tinggi, jauh di atas perkiraan. Tahun 2011 ini, inflasi diperkirakan bisa lebih tinggi lagi seiring dengan pertumbuhan ekonomi.



"Prospek ekonomi Indonesia di 2011 itu cukup baik, tapi tantangan yang berat adalah inflasi," kata pakar ekonomi Umar Juoro di Jakarta, Sabtu (8/1/2011).

Menurutnya, salah satu faktor pendorong inflasi tahun ini adalah terus meningkatnya harga pangan, baik dalam negeri maupun di seluruh dunia. Selain itu, harga-harga komoditas juga masih akan menanjak.

"Jadi kecenderungan inflasi meningkat, soalnya harga emas cenderung meningkat. Sektor ritel, keuangan, perbankan, perumahan juga," ucapnya.

Untuk mengimbangi pertumbuhan tersebut, ia meminta pemerintah tidak lupa untuk mengenjot infrastruktur. Terutama infrastruktur pendukung, seperti pelabuhan, jalan raya, jembatan, rel kereta dan lain sebagainya.

Pemerintah harus lebih cermat menggandeng pihak swasta untuk membiayai pembangunan infrastruktur tersebut. Sehingga dana yang dikeluarkan pemerintah tidak perlu terlalu besar.

"Ini adalah kesempatan terbuka dan investor akan tertarik sekali," tambahnya.

(ang/ang) 

Waspadai Inflasi Tinggi di 2011 Waspadai Inflasi Tinggi di 2011 Reviewed by Engkos Koswara on 3:08:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.